Saya sedang berada di Kabupaten Sukamara, perbatasan Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat. Kali ini atas undangan Ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Sukamara untuk memberikan pelatihan Pengembangan Diri, Etiket dan Keprotokolan.

Pesawat dari Semarang membawa saya ke Pangkalan Bun, setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan speed menyusuri sungai selama 1,5 jam, dan perjalanan darat 1,5 jam lagi menyusuri jalan yang penuh lobang dan gelombang :)

Susah menggambarkan perasaan saya selama menikmati perjalanan hebat ini. Ada rasa trenyuh melihat kondisi yang kadang nampak menyedihkan, ada kelegaan melihat lebatnya hutan di sepanjang tepian sungai, ada rasa takjub menyaksikan kawanan burung Enggang dalam kerjapan jingga sinar mentari menjelang senja melintas di atas sungai Arut.

Yang jelas, saya melihat ketangguhan mereka yang berusaha menaklukkan sekaligus berteman dengan alam. Sebagian mungkin merusaknya, sadar atau tidak.

Yang lebih jelas lagi, apapun kondisinya, saya kok makin cinta Indonesia ya. Dan bertekad berbuat lebih baik lagi, sekecil apapun, untuk negri tercinta ini.

Foto-foto dan cerita lainnya menyusul ya…