speed-1a.jpg

Inilah suasana yang terekam dari  kegiatan pelatihan Pengembangan Diri dan Keprotokolan di Sukamara. Terimakasih untuk Pak Bambang Cahyono yang bersama saya memberikan materi ini khususnya mengenai Keprotokolan (yang kadang bertindak sebagai fotografer juga :)). Pengalaman Pak Bambang di Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta selama kepemimpinan 5 Presiden Indonesia tentu sangat bermanfaat dalam pelatihan ini.

pelatihan-8a.jpgpelatihan-5a.jpg

Terimakasih yang setulusnya juga untuk Ibu Agustina Kaspinor, Ibu Arliyah, seluruh Panitia, Penasehat dan anggota Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Sukamara, yang telah menjadikan rangkaian acara pelatihan ini menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi saya.

pelatihan-1a.jpgpelatihan-3a.jpgsesi-foto-1a.jpgsesi-foto-2a.jpg

Hmmm…saya masih terbayang-bayang lontong opor untuk sarapan, sayur asem dengan kepala ikan, dan kepiting yang lezat …juga kerupuk ikan dan amplang yang khas.

lontong-opor-1a.jpglontong-opor-2a.jpgpantai-kubu-1a.jpgpantai-kubu-2a.jpg

Oya, terimakasih juga untuk mas Anto, yang nyetir melesat bagai angin, demi membuat penumpang nggak terlalu “sengsara” karena jalan yang luar biasa rusak. Terimakasih untuk lagu-lagu jadulnya di mobil yang bikin kita bisa nyanyi-nyanyi dan menikmati perjalanan bak berkuda ini :)

jalan-jelek-3a.jpgjalan-jelek-4a.jpg

(Eh tapi begitu masuk ke Kabupaten Sukamara, jalanan halus mulus lho. Kabupaten yang baru berumur 6 tahun ini memang sedang pesat membangun. Semangat jajaran Pemkab dan warganya layak diapresiasi). 

jalan-halusa.jpg

Perjalanan ke Kalimantan menghadirkan segala rasa, ada syukur, senang, haru, juga trenyuh. Melihat sebagian masyarakat memanfaatkan sungai untuk mandi, gosok gigi, minum bersamaan dengan dibuangnya apa saja di sungai yang sama, membuat saya sedih.

Hmmm…biarpun mereka dikenalkan dengan budaya hidup sehat, tapi kalau akar permasalahannya nggak diatasi, semuanya akan sia-sia. Kemiskinan menyangkut tidak adanya akses pendidikan dan pekerjaan yang layak. Dan ini nggak cuma ada di Kalimantan, melainkan di seluruh penjuru negeri kita tercinta.

Kalau hati tak terketuk juga melihat sekitar kita, terbuat dari apa hati kita ini?

sungai-1a.jpg