Ninda MC

Dulu saya nggak pernah bercita-cita jadi seorang MC/Pembawa Acara, presenter radio dan televisi, atau trainer dan pembicara seperti sekarang. Gimana mau bercita-cita, saya dulu tuh pemalu berat. Jaman sekolah dulu pun rasanya susah mau ngomong atau bertanya di kelas. Tapi untungnya saya masih mau gabung di berbagai aktivitas sekolah seperti OSIS (sampai jadi pengurus juga di SMPN 5 dan SMAN I), pleton inti alias baris-berbaris (sampai pernah jadi komandan terbaik se DIY lho jaman SMA dulu, nggak ngira ya..:)), paduan suara, vocal group, dll. Dari berbagai aktivitas itu lah saya merasa keberanian saya diasah. Jendela-jendela kehidupan saya dibuka satu-persatu oleh Tuhan. Dan betul, saya merasakannya sekarang…

Menjadi seorang MC profesional juga nggak semudah yang disangka orang. Banyak lho yang suka kasih komentar :”Enak ya jadi MC, kerjanya gampang, duitnya banyak. Padahal cuma ngomong dikit-dikit plus senyum-senyum”. Hmmmm….not that easy guys….

Paling-tidak, saya sendiri bekerja-keras untuk setiap penampilan saya, baik di acara resmi maupun acara santai. Dua-duanya menuntut persiapan, latihan, kemampuan beradaptasi, kemampuan menyerap informasi, kemampuan bicara dan mengolah kalimat yang tepat, penampilan yang sesuai dengan jenis acara, dan kepekaan akan situasi sehingga siap terhadap perubahan yang mungkin terjadi. Jam-terbang alias pengalaman akan memberi tambahan rasa percaya diri, ilmu, dan kematangan diri.

Jendela panggung yang terbuka, benar-benar memberi saya dunia baru yang penuh perjuangan. Mendobrak sifat pemalu saya, beradaptasi dengan berbagai lingkungan kerja dan karakter manusia, mengelola waktu dan energi supaya bisa tampil bagus, terus-menerus menambah wawasan dengan banyak membaca dan bergaul, menerima dengan arif segala kritikan dan pujian. Fiuuuuh…itu semua bisa sangat sangat melelahkan lahir-batin. Tapi kalau dinikmati setiap detiknya, maka semua menjadi jalinan langkah yang berarti dan menyenangkan….seterjal apapun jalan itu… Kadang memang perlu berhenti untuk mengambil nafas panjang supaya bisa melanjutkan lagi perjalanan yang masih mendaki… Well, life is a journey

Berawal jadi protokol upacara di sekolah, MC acara 17-an di kampung, MC acara wisuda di kampus, rasa percaya diri itu bertambah ketika diterima sebagai penyiar di Radio Geronimo Jogja tahun 1988. Sambil kuliah (di Sastra Prancis Universitas Gadjah Mada), saya mulai belajar membagi waktu, energi, dan perasaan sebagai seorang profesional. Ya, satu lagi daun jendela itu terbuka…dan saya melihat sesuatu yang lebih luas lagi di sana…

Cerita tentang saat-saat menyenangkan di Radio Geronimo FM click di sini

Sejak itulah aktivitas lain susul-menyusul saya tekuni. Permintaan menjadi MC di berbagai acara mengalir, benar-benar mengasikkan, tapi juga diwarnai jatuh-bangun nggak keruan. Saya merasa inilah sekolah kehidupan yang sebenar-benarnya. Saya belajar menjadi diri sendiri sekaligus bersosialisasi alias menjadi makhluk sosial yang harus pandai beradaptasi.

Tawaran menjadi host acara-acara TVRI Jogja pun kemudian berdatangan. Sebelumnya, saya sering mengisi acara di TVRI Jogja sejak SMA tapi bukan sebagai presenter melainkan menyanyi (nggak berani bilang sebagai ”penyanyi”, karena saya memang cuma bisa menyanyi beberapa lagu yang saya suka dan kebetulan nadanya bisa saya jangkau). Entah itu vocal-group SMA 1, nyanyi dengan band Chavero (mas Arya Nurdika cs) dengan Geronimo Band dll. Terus-terang kalau lihat lagi rekamannya, saya ketawa sendiri. Habis, jadul banget sih, potongan rambut dan baju-baju saya rasanya ajaib banget deh untuk ukuran sekarang..hehehe… Terimakasih untuk teman-teman TVRI Jogja (mas Suryatmo, mas Tomo, mbak Titi, alm mas Harry dll…)

Cerita tentang pengalaman di TVRI JOGJA dan JOGJA TV click di sini

Menjadi seorang MC-panggung kemudian menjadi bagian penting dalam hidup saya. Tidak lagi hanya dalam acara-acara remaja dan santai, melainkan juga sebagai pembawa acara dalam kesempatan resmi. Beruntung lah saya hidup di Jogja, karena daerah istimewa ini begitu sering menjadi tuan rumah acara-acara berskala nasional maupun internasional.

Berbagai acara konvensi, pisah-sambut pejabat instansi, penyerahan penghargaan kepada insan berprestasi, sales gathering, pagelaran seni kolosal dll menjadi tempat belajar yang luar biasa berharganya bagi saya. Salah satu acara yang paling berkesan adalah menjadi MC dalam sebuah konvensi yang menghadirkan Perdana Mentri Malaysia (saat itu) DR. Mahathir Muhammad ( 21st Cafeo Conference).

Profil teman-teman Event Organizer click di sini

Yang juga menyenangkan dari pekerjaan ini, saya bisa mendapat kesempatan mengunjungi berbagai daerah di Indonesai. Selain MC di kota-kota besar maupun kecil di Jawa, termasuk di Jakarta, saya beberapa kali ke Medan, Jambi, Padang, Dumai, Pekanbaru, Bontang, Pontianak, Denpasar, Sumbawa Besar, dan Tembagapura Papua. Memang saya tidak selalu punya kesempatan jalan-jalan karena jadual yang ketat dan harus segera kembali ke Jogja. Namun selalu ada kenangan khusus di tiap kota. Misalnya, gara-gara penundaan penerbangan dari Jogja yang mengakibatkan saya ketinggalan pesawat berikutnya dari Balikpapan menuju Bontang, maka saya terpaksa jalan-darat lebih dari 7 jam dan baru sampai Bontang lewat tengah malam (terimakasih untuk Bpk&Ibu Agus serta teman-teman dari PT KMI Bontang atas atensi dan seafood yang super lezat….yummy….).

Juga pengalaman seru naik bus Freeport menembus malam mendaki perbukitan/pegunungan dari Timika ke Tembagapura yang seolah merupakan perjalanan di atas awan, karena awan terasa begitu dekat di sekeliling bus yang kami tumpangi (terimakasih untuk mas Lilik Hasto dan teman-teman dari PT Freeport Indonesia atas pengalaman yang seru selama di sana) .

Yang nggak terlupakan juga adalah menjadi MC serangkaian acara di tiga kota di Jepang, yaitu Osaka, Kyoto, dan Nagoya, dalam rangka maiden flight Garuda Indonesia (September,1994). Terimakasih untuk mbak Sita Laretna, mas Aki Adishakti, dan Pak Syahrul dan teman-teman Garuda Indonesia atas pengalaman indah ini. Wow…tiba-tiba teringat kembali pengalaman menyenangkan, lucu, tegang, dan haru selama di sana.

Jelas menyenangkan, karena saya berkesempatan mengalami hal-hal baru seperti naik kereta api tercepat Shinkansen yang memang luar biasa cepat dan bersih. Juga asik banget putar-putar naik sepeda di kota tua Kyoto, menyusuri sungai, mengunjungi kuil, memborong cinderamata unik, sambil jajan es green-tea…hmmmm…

Menegangkan, karena saya sempat kehilangan dompet plus paspor gara-gara keteledoran saya sendiri di hari pertama setiba di Kyoto. Maksud hati menelpon suami dan keluarga di Jogja, tanpa sengaja saya tinggalkan dompet di boks-telpon. 15 menit setelah itu, begitu saya sadar dompet saya nggak ada, saya kembali ke boks-telpon itu tapi dompet sudah lenyap. Tapi syukurlah orang Jepang jujur-jujur dan super baik. Saat saya dibantu mbak Sita dan seorang mahasiswa Indonesia yang sudah fasih banget berbahasa Jepang melaporkan ke kantor polisi terdekat, ternyata dompet saya telah ada disana, utuh seisinya! Terimakasih untuk yang sudah menemukan dompet saya dan para polisi..

What a day!

Pengalaman lucu terjadi sewaktu kami, rombongan dari Garuda Indonesia di Osaka, bersiap-siap menyambut kedatangan pesawat Garuda dari Indonesia menandai penerbangan pertama Jakarta-Osaka di bandara yang baru, Kansai International Airport. Ya memang saat itu bandara baru Osaka, yang didirikan di atas sebuah pulau-buatan, baru resmi beroperasi. Saya bersiap-siap juga menjadi MC karena setelah mendarat maka akan ada sedikit seremoni di ruang kedatangan. Banyak pula ibu-ibu berpakaian tradisional Indonesia yang bersiap menantikan kedatangan pesawat yang berisi puluhan wartawan dari Indonesia serta para pengusaha biro perjalanan.

Lucunya, saat diumumkan bahwa pesawat sudah mendarat, kami baru sadar kalau salah ruangan. Ternyata para penumpang akan keluar melalui pintu lain yang lumayan jauhnya dari tempat kami menunggu saat itu. Waaaah, langsung deh kami berlari sekencang mungkin supaya bisa mendahului penumpang. Kasihan ibu-ibu yang bersarung dan berselop tinggi. Sambil masih ngos-ngosan akhirnya seremoni bisa berlangsung juga….hehe.. pengalaman seru abad ini…

Ada dua pengalaman yang membuat saya terharu sewaktu di Jepang. Pertama adalah pertemuan dengan teman saya SD di Salatiga dulu, yang sedang melanjutkan studi di negara itu. Pertemuan yang tak terduga yang tiba-tiba melempar saya pada kenangan lama di Salatiga. Bayangkan, nggak pernah ketemu sejak lulus SD, malah ketemu di negara yang jauuuh banget.

Pengalaman lain yang mengharukan adalah saat saya berkesempatan menyanyikan di atas panggung lagu Indonesia Pusaka dalam acara Cultural Night di Nagoya. Lagu itu terasa begitu indah dan membuat saya merinding menyanyikannya. Rasanya dada sesak ingin meneriakkan ”Aku cinta Indonesiaaaaaa”.

Serius, itu momen yang sangat sensasional dan monumental buat saya.

Yang begitu saya syukuri dari pekerjaan sebagai MC selama ini, adalah kesempatan bertemu begitu banyak orang dan belajar apapun dari mereka. Betapa bahagianya ketemu dengan seorang pribadi seperti Mbak Endang di Pusat Rehabilitasi YAKKUM Jogja, yang bersuara emas, dan dengan kepercayaan diri yang luar biasa, menyanyi sangat enerjik di atas kursi rodanya. Saya bisa belajar kesabaran, keikhlasan, sikap pantang menyerah dan rasa percaya diri dari seorang difabel sehebat mbak Endang.

Betapa bersyukurnya ketemu dengan sosok-sosok seperti Bapak Soeseno Haryo Saputro (Direktur Utama Bumi Putera) & Ibu Tatik Soeseno yang tiap tahun menyerahkan bantuan beasiswa bagi ribuan anak di Klaten dan sekitarnya (sekarang memasuki tahun ke-10). Tiap kali saya menjadi MC acara ini, tiap kali pula saya belajar dari keluarga ini, bahwa mensyukuri berkat Tuhan itu tidak cukup hanya diucapkan dalam hati, tapi diwujudkan untuk sesama, sekecil apapun bentuknya.

Masih begitu banyak kebahagiaan lain yang saya dapatkan sepanjang pertemuan dengan banyak orang. Betapa bahagianya, ketemu di berbagai kesempatan dengan orang-besar yang bersahaja, atau ”orang besar” yang arogan dan gila-hormat. Betapa bahagianya belajar dari orang-orang yang dianggap ”kecil”, padahal ilmu dan kearifannya luar biasa. Semua orang adalah guru saya…

Tuhan tidak hanya membuka jendela panggung bagi saya, tapi sekaligus jendela-jendela kehidupan lainnya. Dan saya makin yakin..tidak ada sedetikpun waktu saya di masa lalu yang tidak berguna bagi masa kini dan masa depan saya…

Ada 42 komentar : “Ninda MC”

  1. NINDA…., saya selalu memanggil dengan nama MBAK NINDA, usianya memang jauh lebih muda dari saya, tetapi karena kemampuan, pengetahuan, dan bantuan yang selalu diberikan kepada saya… sudah sepantasnya saya memanggil dia dengan kata depan MBAK
    Ada nasehat dari seorang arsitek di Bali…, WAHAI SEMUA YANG BAIK DARI SELURUH PENJURU DUNIA, MASUKLAH KALIAN KE PULAUKU INI…BALI, maka jadilah BALI seperti sekarang ini, KECIL, INDAH, BERKEPRIBADIAN…kan seperti mBAK NINDA, kecil, indah,….berkepribadian mantab.
    Selamat buat mbak NINDA… jangan mengabaikan yang kosong, sebab yang kosong itulah sebenarnya yang berisi …. JENDELA (bagus sekali untuk nama WEB ini), makna jendela adalah sebuah lubang, tetapi dengan lubang ini kita bisa melihat dan terlihat, bisa diketahui dan mengetahui….. itulah makna kosong yang berarti isi, selamat

  2. Mas Parfi…terimakasiiiiih banget…
    Sebagai seorang arsitek pasti lebih bisa memaknai sebuah jendela. Saya terkesan banget dengan pemaknaan di atas. Indah sekali…..
    Saya memang dipanggil ‘mbak’ oleh mas Parfi karena ‘awu’ saya lebih tua dari beliau. Kalau soal yang lain2, justru saya belajar dari beliau yang dosen top di UNDIP ini. Dan yang pasti, mas Parfi ini suka banget guyon, kalau ketemu beliau kita nggak akan sempat sedih.
    Salam untuk semua di Semarang ya Mas. Sering2 pulang ke Jogja ya, Nyutran sepi tanpa Mas…hehehe…

  3. Mbak, aku bekerja di sebuah perusahaan ritel di Jogja. Kebetulan saya di bagian Training Karyawan. Dalam waktu dekat ini saya harus menyiapkan karyawan untuk menjadi Announcer. Mungkin Mbak Ninda punya materi dasar tentang Announcer, dan bisa bagi2 k kita. Mungkin suatu saat nanti kita bisa kerjasama. Mohon email k saya secepatnya. Terimakasih……..

  4. Aq sering jadi MC dadakan pada acara resmi di kantor. alhamdulillah selama ini lancar2 ja. tapi aq ingin sekali seperti MC yang agak profesional dikit. karena selama ini Aq jadi pembawa acara resmi selalu dengan kalimat itu ke itu aja, n seringkali baca konsep saja. tolongin Aq buatkan langkah-langkah (kalimat-kalimat) saat membawakan acara resmi mulai dari salam hingga penutup tolongin dunk Mba’. Thank B 4!!!

    C U
    CECE ERNAZ
    West Sumatera
    Padang

  5. Mbak Cece, saya akan email langsung, karena agak panjang jawabannya. Tolong kirim alamat email mbak ke ninda@nindajogja.com. Saya balas secepatnya.

    Untuk mbak Ana, saya kirim email kok nggak terespon ya? Mohon kirim kembali alamat email mbak ke alamat email saya ninda@nindajogja.com.
    Terimakasih.

  6. mbak yg baik, setelah aku membaca artikel mbak ninda aku jd senang krn ternyata ada jalan keluar. tolong bantu aku dengan konsep pembawa acara kantor dengan bahasa yang baik n benar, karena saya baru bekerja di instansi pemerintah dan sudah mulai diminta jadi MC buat acara diklat or penting lainnya dan kata-katanya sepertinya itu..itu aja, saya mau ada perubahan dengan kata-kata saya sehingga tidak terkesan membosankan karena sering diulang-ulang, tolong ya mba. terima kasih atas bantuannya.

  7. Hai mbak Erlyn, saya akan kirimkan via email beberapa contoh kalimat MC untuk acara resmi. Nanti kita diskusikan pengembangannya, ok?
    Terimakasih sudah mampir disini. Sukses terus ya…

  8. mbak,,,help me please….

    bingung bgt ne mbak..

    bntar lg aq mo jadi MC tapi pake bahasa inggris gitu…

    tlg dibantu dunk mbak,,,contoh kalimat yang biasa dipake wktu ngeMC pke bhasa inggris…

    ditunggu ya mbak,,,

    oia mbak,,alamat email saya……..

    aziezt_ckep@yahoo.co.id

    thank

  9. Hai Rifqy, kamu mau MC acara apa? Resmi atau santai? Tolong kamu kirim susunan acaranya ke email ke ninda@nindajogja.com. Mungkin saya bisa bantu kira-kira harus ngomong gimana. Tapi harus dilatih juga pelafalan dan ekspresinya lho. Oke? Saya tunggu ya

  10. mbak nindya….salam kenal
    mbak aq lagi bingung nih, aq lagi dapat tugas di suruh jadi MC pake bahasa inggris!!!!
    Tolong donk mbak, gimana cara ngomongnya trs kalimat gimana kalo jadi MC pake bahasa inggris, yg penting apa yang harus aq ngomongin di dpn. Semua pengetahuan tentang perMCan dengan mengunakan bahasa inggris yang perlu diketahui sama aq yang super duper pemula ini hehehe
    Khan ngak lucu kl nglagepan di depan hehehe…
    Amat sangat ditunggu y mbak….
    ini alamat emailku mbak….
    ambararum@gmail.com
    Makasih banyak y mbak…..

  11. Hai Ambar, seperti juga Rifqi, tolong kirim ke ninda@nindajogja .com tentang acara apa yang akan kamu bawakan, susunan acaranya seperti apa. Nanti saya usahakan bantu gimana ngomongnya. Oke? Saya tunggu ya

  12. Hai mb. Ninda slm kenal ya….seneng n beruntung bgt aq gak sengaja baca crita2 pengalaman mb. Ninda jadi MC,Tau gak???diem2 sejak msh sekolah aq srg bgt ngamati setiap penampilan Mb. Ninda baik di TV, dengerin acara2 nya di radio dll.Crita mbak hampir2 mirip dg aq…Sewkt sekolah aq trmsk pemalu,gak berani ngomong di depan org banyak dan kurang pe-de gt. Tapi berawal krn kepepet akhirnya aq berani jd Mc di suatu acara resmi,modal nekad dan maluu bgt kalo inget penampilan pertama,pasti kacau…..Skg tiap ada acara2 resmi kantor srg disuruh jd Mc.Tp ya itu kok rasanya aq msh kurang,khan lucu klo ketemunya misal org yg sama,kayak hapalan..Bener kok gak mudah jd Mc tp ketagihan jg…he2…Tolong deh mb. kasih resep biar tampil ok n contoh utk acara2 resmi (biasanya yg dtg pejabat2 di instansiku). Eh, contoh acara gak resmi jg mau…tengkyu bgt ya…

  13. Hai Suntea, salam kenal balik ya.
    Bener banget, makin lama “jam terbang”, kita bisa makin menikmati jadi MC, karena kita makin tahu bagaimana membawakan diri, merangkai kalimat, mengatasi rasa grogi dan masalah2 yang muncul selama acara berlangsung.

    Kalau acaranya bersifat resmi sekali, misalnya Serah Terima Jabatan, maka memang mau nggak mau kita mengucapkan kalimat-kalimat resmi yang sama.

    Tapi kalau acaranya setengah-resmi, seperti Pisah Sambut pejabat instansi, yang menampilkan hiburan selain beberapa sambutan, maka kita bisa lebih leluasa menyampaikan pengantar tiap acara. Tentu dengan harapan suasananya akan lebih cair.

    Ok Suntea, nanti saya usahakan kirim via email contoh-contoh kalimatnya. Tapi akan lebih baik kalau Suntea kirim dulu ke ninda@nindajogja.com contoh2 susunan acara yang pernah/akan dibawakan. Saya jadi lebih bisa membayangkan situasinya. Kalau sekedar saya kirim kalimat-kalimat standard kan belum tentu cocok dengan situasi di instansi Suntea.

    Saya tunggu ya.

  14. Tq ya mbak,tanggapannya……ntar tak kirim contohnya…siiip pokoknya udah cantik buaiik lagi….

  15. slam kenal, to the point aja nih, saya ada tugas untuk menjadi MC acara halal bi halal minggu depan, mohon bantuannya untuk konsep dan kalimat yang bagus. trims sebelumnya

  16. Salam kenal mba…
    Saya Wiwi, saya termasuk orang yang kurang percaya diri tampil di depan umum, terutama kalau diminta untuk menjadi MC. Selain jam terbang hal apa lagi ya mba yang bisa membuat kita bisa percaya diri untuk tampil di depan umum?
    Terus mau minta tolong satu lagi boleh ya mba, saya sering diminta untuk menjadi mc acara resmi seperti wisuda, serah terima jabatan, dll. yang teksnya sudah disiapkan dan saya hanya tinggal membacanya. Sehingga pada saat saya diminta menjadi mc acara yang tidak resmi, seperti halal bihalal, family gathering, dll, saya jadi bingung harus bicara apa agar acara bisa hidup dan tidak monoton.

    Sebelumnya terima kasih banyak atas bantuannya ya mba.

    Salam
    Wiwi (wiwi_nyns@yahoo.com)

  17. Hai Ramdhani, semoga jawaban saya belum telat. Maaf sekali saya “libur” panjanaaaang banget, sekitar 3 minggu-an nggak buka-buka Jendela.
    Tolong kirim konsep susunan acara yang ada ke ninda@nindajogja.com. Dari situ saya akan lebih bisa membantu dengan kalimat2 yang sesuai.
    Saya tunggu ya. Tks.

  18. hii mb ninda…
    salam kenal…
    seru banget ya mbk dunianya…
    lulus sma pengen banget terjun ke dunia yg mbk ninda jalani sekarang.cuman nasib lain,
    alhmdulillah diterima di sekolah kedinasan.neh udah lulus n ditempatin di kantor pemda.berhubung pegawaix dah pd banyak yg berumur alhasil sering didaulat jadi mc di acara kantor.
    neh lagi diminta buat jadi mc halal bihalal….
    pusinggg…
    bisnya ga pernah tau n ga tau mau mesti bahas apaan waktu acara it.
    bantuin dunk mbk….

  19. Assalamu’alaikum

    Salam Sukses selalu buat Mba Ninda…

    rasanya saya bangga dengan cerita sukses dan kepribadian Mba Ninda.

    saya senang sekali klo saya bisa mempunyai talenta seperti Mba Ninda..

    kebetulan saya mendapatkan tugas dari sekolah dan alhamdulillah dapat kepercayaan untuk menjadi mc di acara halal bihalal sekolah. saya pingin sekali bisa membawakan acara dengan baik.
    Saya mohon kiranya Mba dapat membantu saya dan dapat berbagi ilmu nya kepada saya y Mba…

    saya sangat senang sekali andai Mba dapat berbagi ilmu dengan saya

    Terimaksih
    Hesti_Permatasari ( Cirebon)

  20. mbak ninda….
    saat ini aku juga di beri tugas jadi MC diacara halal bihalal kantor…

    aku bingung mbak..mau ngomongin apa aja ntar…

    bantuin ya mbak…

  21. Hai Sari…
    Permintaan maaf saya juga atas keterlambatan balasan ini (lihat artikel I’m baaaaaaack ya…).
    Semoga halal bilhalal nya sukses ya. Maaf bener saya nggak bisa bantu.
    Tapi kalau ada acara lain yang menyusul, dan masih bingung, silahkan kirim email ke ninda@nindajogja.com. Semoga saya bisa bantu.

    Sukses ya

  22. Untuk mbak Wiwi, makasih pertanyaannya. Bisa nggak invite saya di YM (pakai nindiani@yahoo.com ya). Soalnya kita perlu ngobrol nih biar tanya-jawabnya lebih langsung. Karena ada hal2 yang saya perlu tahu secara langsung tentang hambatan2 yang mbak alami. Tapi kalau nggak bisa nggak pa-pa, tunggu aja saya akan nulis artikel tentang itu segera.
    Saya yakin mbak sudah punya bekal percaya diri (buktinya udah sering diminta jadi MC kan), tinggal nambahin knowledge tentang karakter acara dan LATIHAN :)

    Sukses ya

  23. mbak mohon berikan bimbingan, apa yang harus disiapkan bagi seorang MC untuk sebuah acara peresmian gedung/ perusahaan !!!

    nuwun banget nggih mbak …………..

  24. Salam kenal mbak…
    Senang sekali bisa nemuin blog mbak Ninda. Dah lama lho mbak aku browsing internet untuk cari referensi per-mc-an. Akhirnya ketemu deh… Gini mbak, sebenarnya masalahku hampir sama dengan mbak wiwi (salam kenal mbak wiwi…). Aku sering ga PD kalau diminta jadi MC and pusing juga untuk menyusun kalimat yang bagus dan pas dalam mbawain acara terutama kalau harus pakai bahasa Inggris. Bosan juga mbak kalau pakai kalimat yang itu2 terus…. Nah kebetulan minggu depan di kantor ada kunjungan tamu dari Turki, tolong ya mbak aku dibantu konsep dan kalimat yang bagus untuk membuka acara, mempersilakan memberikan sambutan sampai penutupnya.
    Sebelumnya terima kasih banyak atas bantuannya… Saya tunggu ya mbak..

  25. Bilal, thanks ya sudah mampir.

    Beberapa persiapan MC nih :

    - kenali lokasinya, baik lokasi gedung maupun lokasi MC saat bertugas.
    - ketahui siapa audience nya, apakah hanya orang-orang dalam perusahaan, atau orang luar juga diundang.
    - pastikan pelaku acaranya, misalnya siapa saja yang akan memberi sambutan, siapa yang akan meresmikan dll
    - kalau yang akan meresmikan adalah salah satu pejabat (misalnya Walikota atau Gubernur), koordinasikan acara dengan protokol Pemda.
    - pastikan semua peralatan telah siap, misalnya : sirine (atau yang lain) untuk menandai peresmian, gunting untuk pengguntingan untaian bunga dll. Hal ini penting supaya acara berjalan dengan lancar
    - pastikan juga pengisi acara lainnya (penari, band dll) kalau ada.
    - Cek sound system, terutama mic MC dan mic penyampai sambutan.
    - siapkan diri sendiri untuk siap menjadi MC, antara lain fisik yang sehat, busana yang sesuai (tanyakan pada panitia dress code nya), persiapkan Q-card yang memuat susunan acara dan naskah announcement MC yang lengkap.
    - Senyum :) dan BERDOA…

    Selamat bertugas…sukses ya

  26. Lisa, saya akan kirimkan contohnya via email karena agak panjang. Thanks sudah gabung di sini. Sukses ya

  27. Dear Mbak Ninda,

    OMG aku ketemu ama mbak Ninda, kalo ndak salah aku dulu waktu kecil suka ndengerin suaranya mbak Ninda. seinget ku dulu pake Carisa yaa. waktu di Geronimo FM, hehehehe Salut dech buat Mbak Ninda… En baeknya lagi,mbak ini mau bagi-bagi ilmu…..and jawab semua comment yang masuk…

    GBU
    Warm regards,
    Kaltim
    Konyil

  28. Hi Mba Ninda,
    Salam kenal… ^__^
    Mba, insyaAllah tanggal 27 ini saya dimintain jadi MC di acara wisuda-an kampus saya. Saya belum pernah ni jadi MC buat acara ginian biasanya untuk acara2 di masjid aja.
    Jadi bingung ni mo gimana? Mba Ninda bisa bantu? Ntar mesti ngomong apa aja ya? trus mesti bersikap gimana??

    *_*

  29. Mbak Ninda, mau nanya mungkin mbak tahu ttg kursus MC untuk anak-anak di Yogya. Selama ini saya cari kok belum ketemu. trims

  30. Mbak Helvi, bisa hubungi saya di ninda@nindajogja.com ya, karena agak panjang penjelasannya. Sekaligus tolong kirimkan juga susunan acaranya, salnya tiap kampus punya ciri masing2 selain aturan2 baku yang ada.

    Baru pertama kali ya? Tenang aja, acara wisuda nggak rumit kok asal kita tahu aturan2nya.

    Oke, saya tunggu emailnya

  31. Mbak Anis, setahu saya teman saya Ratu Tria buka kursus untuk anak2 juga. Coba buka websitenya (Pelangi Group). Sukses ya

  32. mbak ninda, selamat untuk personal website anda. saya bangga pernah “ngemcee” bareng anda di Prambanan Open Theatre 6 tahun yang lalu, meski saya mc amatiran. That’s the way I like it aha aha…………..

    selalu sukses ya dengan karier anda……… GBU.

  33. hi… salam kenal dulu ya.
    maaf , boleh minta saran untuk bisa sukses kaya ninda.
    terima kasih

  34. wah… seneng,, mba ninda balesnya cepet……….
    makasih yag,,mba…..
    mba,, aku udh bikin draft naskah mc bwt acaraku…Sesuai kisi2 yang mba ajarin….
    tapi kira2 naskah aku,, bener ga yah???
    klo ada waktu… minta tolong dikoreksi yah.. mba….
    draft naskahnya aku attach di email mba: ninda@nindajogja.com

    makasih bgt … mba…..

  35. mak Nindya… kalau undangan resmi misalkan tamu yayasan yang banyak menghadirkan tokoh/ pejabat/perwakilan institusi klient, apakah semua nama mereka harus disebut dalam salam pembuka seperti kepada yth…..bla bla tolong kirimkan beberapa contoh ya mbak membuka acara yg isinya ada beberapa sambutan sebelum acara inti, ulang tahun perusahaan besar misalnya atau seminar. terima kasih mbak… sukses ya…

  36. maju terus mbak ninda. aku salut sekali dengan perfomencenya. thanns

    By. Garenk
    MC Campursari KENCANA INDAH Klaten
    Pimp. Ibu. Dra. Sri kertati soeseno

  37. Assallamualikum
    Salam Kenal…Salam Sukses!!
    Gak sengaja ni liat Blognya Mbk Ninda
    sudah lama saya mencari guru yg bisa berbagi ilmu ttng per MC an. Saya bekerja di kantor BUMN di Bagian HUmas dan sering diberi tugas MC acara2 di kantor. Hampir setiap minggu ada saja acara semi formal kadang bersifat internal kadang ngundang pembicara dari luar. Yg hadir biasanya orang2 itu juga mbak. Mohon saran dong kalimat yg tidak monoton, kalau lagi ngemce acara semi formal d kantor. Ilmu dari Mbk Ninda akan sangat berguna bagi saya. Terimakasih.
    Wassallm

  38. U/ mas Garenk : terimakasih sekali ya. Salam saya untuk ibu Tatik, Bpk. Susesno, dan semua teman-teman di Klaten. Semoga makin laris ya.

    U/ Yessy : agak sulit juga berdiskusi tentang acara2 yang mbak bawakan kalau melalui media ini. Silakan hubungi email saya di nindiani@yahoo.com ya sehingga kita bisa lebih leluasa berdiskusi. Tks mbak

  39. mba ninda, salam kenal..
    saya punya pengalaman seperti mba Ninda, dalam hal peng-MC-an.. hehehe..
    dimulai dari protokol di sekolah, kuliah, sampai sekarang, bekerja di Instansi selalu ketiban sampur untuk menjadi MC.. pada event formal maupun tidak.
    Mba, aku mau minta tolong dong, minggu depan, di Pemkot di kotaku (Salatiga) diadakan lomba MC untuk kalangan semua instansi, meskipun terbiasa ng-MC, tapi untuk menghadapi lomba tersebut, kok kurang PD ya? hehehe..
    mohon dibantu dong mbak.. tolong kirim beberapa contoh naskah MC ke e-mail saya (retnohera@gmail.com). Terutama dengan tema pisah sambut pejabat instansi… aku tunggu lo mbak..
    Thanks a lot before :D
    suxes slalu bwt mbak Ninda..

  40. mbk ninda yang baiiiiiiikkk..
    sy blm pernah bertemu panjenengan… but i can feel if u are pretty inner n outer..
    kmrn mlm sehbs sy nulis di blog mb ninda.. eeh, nonikku yg lg chat “ketemu” sm mbk ninda yg lg OL..
    Luar biasa..!!! mbk ninda yg sdg sibuk menunggu sdra yg sdg sakit pun..dg kesabaran menjawab pertanyaan sy..dg keikhlasan rela membagi ilmu kpd org lain yg membutuhkan…
    Smg Tuhan membalas kebaikan hati mbk Ninda…
    Sukses selalu u karir mbk Ninda, skses pula dlm kehdpan bersm klga tercinta…
    :) best regards..
    retno — salatiga

  41. mba ninda, terima kasih banyak

    aku jadi belajar banyak tentang MC dari blog ini

    mba, boleh minta tolong nggak? bisa minta kata pembuka dan penutup untuk MC acara formal, semi formal, dan non formal?

    terima kasih..

  42. assalam…
    salut dg mbak ninda…

    salam kenal ya mbak…

Komentar